Tim KKN dari UNSOED Telah Melakukan Penanaman Bibit Cabai dan Pembuatan Biopestisida

Program kerja di bidang Pemberdayaan Lingkungan KKN Unsoed 2023 selain pembuatan Home Decomposter yaitu penanaman cabai dan pembuatan biopestisida. Penanaman cabai ini merupakan salah satu kegiatan intensifikasi pekarangan, dimana salah satu upaya upaya dalam meningkatkan hasil pertanian dengan mengolah lahan yang ada yaitu di pekarangan rumah warga Desa Sokawera. 

Pada hari Minggu, 8 Januari 2023, telah dilaksanakan penanaman bibit cabai rawit dan cabai keriting di halaman rumah Bapak Suprapto selaku Ketua RW. 005 Dusun 3 Desa Sokawera yang dihadiri oleh beberapa warga desa. Total bibit yang diberikan yaitu 70 bibit yang ditanam pada 40 planterbag dan 30 polybag. Planterbag memiliki keunggulan lebih tahan lama daripada polybag. Sebelum ditanam, terdapat persiapan media tanam untuk tanaman cabai. Media tanam dibuat dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Media tanam yang baik yaitu memiliki aerasi yang baik dan unsur hara yang cukup. Setelah penanaman dilakukan, kemudian tanaman tersebut dibagikan ke 10 tokoh masyarakat dan 20 warga desa. Diharapkan warga dapat memelihara tanaman cabai dengan baik hingga panen nanti. Pemeliharaan tanaman dengan memberikan pupuk NPK untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman, serta penanganan hama pada tanaman. 

Program pembuatan biopestisida ini dilakukan pada Hari Rabu, 18 Januari 2023 menggunakan 15 gram tembakau, 2 siung bawang putih, dan 1 ruas lengkuas yang ditumbuk hingga halus, kemudian direndam dalam 5 liter air paling tidak satu malam setelah itu disaring. Air rendaman hasil saringan tersebut yang digunakan sebagai biopestisida. 



Biopestisida tersebut digunakan jika terdapat serangan hama kutu daun, kutu kebul, dan ulat dengan cara disemprot satu minggu sekali. Jika serangan hama sudah berat, maka dapat disemprot 3 hari sekali. Pembuatan biopestisida ini menggunakan bahan-bahan alami, sehingga tidak merusak lingkungan. Tanaman cabai dalam planterbag dan polybag, biopestisida, dan pupuk NPK dibagikan kepada warga dan tokoh masyarakat pada Hari Sabtu, 21 Januari 2023.


Komentar